LIFESTYLE
Konsumsi
adalah proses menghabiskan / menggunakan objek-objek tertentu. Proses
tersebut memiliki cara yang berbeda-beda pada tiap zaman / masa.
PRAMODERN
- jumlah produksi terbatas
- produksi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia
MODERN
- jumlah barang yang diproduksi berlebihan (revolusi industri)
- manusia dipaksa untuk membeli barang secara terus-menerus
POSTMODERN
- barang-barang yang diproduksi dibuat inovasi baru, merek, dll agar masyarakat tetap konsumtif membeli barang
1. KANIBALISME
Memproduksi benda / produk baru secara rutin sehingga produk yang lama akan kalah dengan produk yang baru.
contoh : Handphone NOKIA mengeluarkan tipe baru setiap beberapa bulan sekali.
2. GUE BANGET
Menambahkan nilai-nilai tertentu, membuat produk khusus / spesial untuk orang-orang tertentu sehingga orang akan beranggapan bahwa produk tersebut sangat sesuai dengan dirinya.
NEEDS VS WANTS
- Baudrillad : yang dikonsumsi bukan nilai gunanya, tapi nilai simbolis yang sifatnya abstrak dan terkonstruksi.
- Konsumsi membutuhkan manipulasi simbol-simbol secara aktif untuk memanjakan hasrat. contoh :
- jika memakai shampoo X , berarti seorang pecinta lingkungan
- jika memakai sepatu Y , berarti seorang traveller sejati
- jika meminum Z , berarti seorang party-goers
- Konsumsi membutuhkan manipulasi simbol-simbol secara aktif untuk memanjakan hasrat. contoh :
- PERGESERAN MAKNA KONSUMSI : Konsumsi adalah proses objektifikasi, mengeksternalisasi dan menginternalisasi diri lewat objek-objek sebagai medianya. (Yasraf Amir Pillian)
- pembalap harus memakai yamaha
- pelari harus pake nike
Tidak ada komentar:
Posting Komentar