Faktor - faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian :
- budaya
- sosial
- pribadi
- psikologis
FAKTOR BUDAYA : SUBBUDAYA
Budaya
terdiri dari subbudaya yang lebih kecil, yang menyediakan identifikasi
dan sosialisasi yang lebih spesifik bagi anggotanya, yaitu seperti :
kebangsaan, agama, kelompok ras dan wilayang geografis.
contoh
: kelompok orang yang mempunyai ras China akan merespon benda secara
berbeda jika dibandingkan dengan kelompok orang India.
FAKTOR SOSIAL
Keadaan hubungan sosial seseorang.
- kebutuhan orang yang sudah menikah akan berbeda dengan orang yang masih lajang
- kebutuhan orang yang sudah mempunyai anak akan berbeda dengan orang yang belum mempunyai anak
- kebutuhan orang yang tinggal di rumah bersama keluarga akan berbeda dengan orang yang tinggal sendiri (nge-kost)
- kebutuhan orang yang bergaul dengan kalangan high-class akan berbeda dengan yang bergaul dengan anak jalanan
FAKTOR PRIBADI
- usia dan tahap dalam kehidupan
- pekerjaan
- kondisi ekonomi
- gaya hidup
- kepribadian dan konsep diri
FAKTOR PSIKOLOGIS
- motivasi : ada yang mendorong manusia untuk membeli sesuatu. Terbagi menjadi 2 yaitu , BIOGENIK (kondisi fisiologis, misal lapar, haus, tidak nyaman) dan PSIKOLOGIS (pengakuan, penghargaan, keanggotaan dalam suatu kelompok tertentu)
- persepsi : muncul dalam pembelajaran dan menimbulkan sikap. contoh : orang yang terkena penyakit diabetes akan membeli produk diet coke
Tidak ada komentar:
Posting Komentar